Saturday, September 3, 2011

Promotion Mix




Assallamualikum.Wr.Wb

Ya pertama-tama saya mau ngejelasin apa itu Promotion Mix.

Okeeyyy….


Promotion Promotional Mix / Bauran Promosi

Bauran promosi merupakan gabugan dari berbagai jenis promosi yang ada untuk suatu produk yang sama agar hasil dari kegiatan promo yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal. Sebelum melakukan prmosi sebaiknya dilakukan perencanaan matang yang mencakup bauran promosi sebagai berikut :


1. Iklan seperti iklan koran, majalah, radio, katalog, poster, dan lainnya.
2. Publisitas positif maksimal dari pihak-pihak luar.
3. Promosi dari mulut ke mulut dengan memaksimalkan hal-hal positif.
4. Promosi penjualan dengan ikut pameran, membagikan sampel, dan lainnya.
5. Public relation / PR yang mengupayakan produk diterima masyarakat.
6. Personal selling / penjualan personil yang dilakukan tatap muka langsung.



Nah kali ini saya ingin menganalis salah satu produk yaitu “Sirup Marjan”, Yah memang kalian pasti tidak asing lagi bila mendengar produk ini, siapa yang tidak kenal dengan produk ini.


Sirup Marjan merupakan sebuah produk sirup yang terkenal di Indonesia, mereka memasarkan produknya dengan iklan-iklan di tv, ya karna masyarakat Indonesia sudah banyak mengenal produknya, maka mereka tidak susah lagi dalam hal pemasaran.


Sirup Marjan sering mengiklankan produknya selama bulan Ramadhan sampai Idul Fitri, karena menurutnya mereka masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim ini sering menggunakan sirup sebagai buka puasa atau parsel-parsel untuk Ramadhan dan Idul Fitri.

Sering kita lihat di berbagai katalog-katalog di berbagai supermarket, nah itu juga merupakan cara mereka mempromosikan produknya.

Dulu Sirup Marjan cuma ada tiga atau dua rasa saja tapi sekarang produk marjan sudah menambahkan rasa-rasa lain, hal ini karna kemajuan produk ini juga karna mereka melihat selera dari masyarakat Indonesia.


Nah kesimpulan saya, promotion mix bagi Sirup Marjan sangat membantu, karna Sirup Marjan mengunakan berbagai bentuk cara untuk mempromosikan produknya, walaupun sudah terkenal, Sirup Marjan tetap menginginkan masyarakat untuk mengenal lebih jauh produknya itu dan agar produknya tidak hilang ke tenarannya di masyarakat.



yahh semoga bener deh ya kesimpulan dari saya, semoga nyambung juga dengan apa yang di bicarakan.

Semoga ketikan saya di atas bisa berguna bagi anda yang membacanya.

Tolong saran dan kritiknya yaaaaaa… tengkyu.*

Wassalamualaikum Wr.Wb

1 comment: