Sunday, September 11, 2011

STP


Assalamuallaikum Wr.Wb
Strategi merupakan langkah pertama yang harus dilakukan dalam perumusan strategic marketing. Karena pentingnya peran Strategi, perumusannya dilakukan pada level strategic business unit (SBU) dari sebuah perusahaan. Strategi ini dalam Legacy Marketing terdiri dari tiga elemen, yaitu Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP).


Segmentasi

Segmentasi pasar adalah salah satu elemen penting dalam strategi pemasaran yang akan anda lakukan (bahkan terlalu penting). Segmentasi disebut juga sebagai mapping strategy, karena di sini kita melakukan pemetaan pasar. Pemetaan ini merupakan proses yang kreatif, karena pasarnya sebenarnya sama, namun cara pandang kita terhadap pasar itulah yang membedakan kita dengan pesaing.

Baiklah, akan saya terangkan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami apa itu segmentasi pasar. Begini, salah satu efek apabila anda tidak mengetahui siapa segmentasi pasar yang tepat bagi produk anda adalah apa yang akan anda lakukan dan berapa biaya pemasaran yang sudah dikeluarkan akan menjadi sia-sia belaka, walaupun produk yang unik dan bernilai.

Contoh paling gampang segmentasi pasar adalah anda jualan mobil BMW (product) dengan harga 750 juta (price) kemudian anda jual ke pengemis (targeting & segmentation). Walaupun BMW tersebut sudah anda diskon gila-gilaan sampai 75% (promotion), si pengemis tidak akan membeli. Kenapa? Karena itu bukan kebutuhan dia. Beda kalau anda jual ke segmentasi pasar pecinta mobil mewah, akan lain hasilnya.


Targeting

Setelah segmentasi atas produk telah ditetapkan, maka langkah berikutnya adalah melakukan targeting atau membidik target market yang telah kita pilih dalam analisa segmentasi pasar. Dalam hal ini tentu saja serangkaian program pemasaran yang dilakukan harus pas dengan karakteristik pasar sasaran yang hendak kita tuju. Sebagai misal produk-produk tas dan sepatu mewah seperti dengan merk Gucci atau Louis Vuitton, maka mereka selalu memilih mal kelas atas seperti Plaza Senayan dan Pacific Place untuk membuka outletnya dan bukan di mal kelas menengah seperti Mal Ciputra. Hal diatas dilakukan agar kegiatan promosi pemasaran yang dilakukan pas dan tepat sasaran dengan segmen pasar yang ditujunya.


Positioning

Dan yang terakhir positioning, dalam program pemasaran strategi positioning merupakan faktor utama dalam meningkatkan kekuatan posisi pasar perusahaan di suatu pasar tertentu dibanding pesaing-pesaingnya. Positioning masuk pada pikiran atau persepsi konsumen. Oleh karena itu, Positioning yang pas ini menjadi sangat penting, sebab dengan begitu mereka bisa meraih simpati dalam benak pelanggan. Dan selanjutnya hal ini bisa mendorong mereka untuk melakukan pembelian produk yang ditawarkan.

Jadi positioning adalah usaha untuk menemukan suatu celah di benak konsumen agar konsumen mempunyai image yang khusus terhadap produk atau merk produk atau bahkan terhadap perusahaan itu sendiri.





reverensi: http://www.dokterbisnis.net/

Saturday, September 3, 2011

Promotion Mix




Assallamualikum.Wr.Wb

Ya pertama-tama saya mau ngejelasin apa itu Promotion Mix.

Okeeyyy….


Promotion Promotional Mix / Bauran Promosi

Bauran promosi merupakan gabugan dari berbagai jenis promosi yang ada untuk suatu produk yang sama agar hasil dari kegiatan promo yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal. Sebelum melakukan prmosi sebaiknya dilakukan perencanaan matang yang mencakup bauran promosi sebagai berikut :


1. Iklan seperti iklan koran, majalah, radio, katalog, poster, dan lainnya.
2. Publisitas positif maksimal dari pihak-pihak luar.
3. Promosi dari mulut ke mulut dengan memaksimalkan hal-hal positif.
4. Promosi penjualan dengan ikut pameran, membagikan sampel, dan lainnya.
5. Public relation / PR yang mengupayakan produk diterima masyarakat.
6. Personal selling / penjualan personil yang dilakukan tatap muka langsung.



Nah kali ini saya ingin menganalis salah satu produk yaitu “Sirup Marjan”, Yah memang kalian pasti tidak asing lagi bila mendengar produk ini, siapa yang tidak kenal dengan produk ini.


Sirup Marjan merupakan sebuah produk sirup yang terkenal di Indonesia, mereka memasarkan produknya dengan iklan-iklan di tv, ya karna masyarakat Indonesia sudah banyak mengenal produknya, maka mereka tidak susah lagi dalam hal pemasaran.


video

Sirup Marjan sering mengiklankan produknya selama bulan Ramadhan sampai Idul Fitri, karena menurutnya mereka masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim ini sering menggunakan sirup sebagai buka puasa atau parsel-parsel untuk Ramadhan dan Idul Fitri.

Sering kita lihat di berbagai katalog-katalog di berbagai supermarket, nah itu juga merupakan cara mereka mempromosikan produknya.

Dulu Sirup Marjan cuma ada tiga atau dua rasa saja tapi sekarang produk marjan sudah menambahkan rasa-rasa lain, hal ini karna kemajuan produk ini juga karna mereka melihat selera dari masyarakat Indonesia.


Nah kesimpulan saya, promotion mix bagi Sirup Marjan sangat membantu, karna Sirup Marjan mengunakan berbagai bentuk cara untuk mempromosikan produknya, walaupun sudah terkenal, Sirup Marjan tetap menginginkan masyarakat untuk mengenal lebih jauh produknya itu dan agar produknya tidak hilang ke tenarannya di masyarakat.



yahh semoga bener deh ya kesimpulan dari saya, semoga nyambung juga dengan apa yang di bicarakan.

Semoga ketikan saya di atas bisa berguna bagi anda yang membacanya.

Tolong saran dan kritiknya yaaaaaa… tengkyu.*

Wassalamualaikum Wr.Wb